Search

Minggu, 14 Oktober 2012

Bintang




 Bintang adalah bola gas pijar raksasa berputar yang bercahaya di seluruh penjuru alam semesta. Matahari merupakan bintang terdekat dari bumi. Ia terlihat besar dan seolah cahayanya mengalahkan bintang lain. Padahal karena jarak bintang lain sangat jauh sehingga cahayanya seakan-akan kecil dan redup. Sebagian bintang lebih besar dan lebih terang dari matahari, sebagian lainnya memang lebih kecil dan lebih redup. Bintang berbeda dalam hal ukuran, suhu, intensitas cahaya, warna, dan massa.


Suhu dan warna
Semua bintang bersuhu panas, bahkan beberapa sangat panas. Bintang terpanas bersuhu 40.000 C. Warna bintang bergantung pada suhu permukaannya.

Bentuk, ukuran, dan massa
Semua bintang berbentuk bola. Tidak ada bintang yang berbentuk segi lima dan tidak ada yang berkelip-kelip. Mereka tampak bersinar saat cahayanya melewati atmosfer bumi. Bintang terdiri atas hydrogen dan beberapa helium dan berbentuk seperti bola karena gravitasi bintang. Ada perbedaan jumlah gas dalam setiap bintang. Jumlah gas dalam suatu bintang disebut massa bintang, yang besarnya tetap sejak bintang itu terbentuk. Massa tidak sama dengan ukuran. Sebuah bintang dengan massa yang lebih besar dari matahari, berarti tersusun atas banyak material. Bintang dengan ukuran lebih besar, berarti lebih luas. Sebuah bintang besar belum tentu massanya besar, ini bisa saja karena gas yang ada tersebar. Beberapa bintang bermassa besar, bentuknya kecil karena gas yang ada memampat.

Intensitas cahaya
Ada dua skala intensitas cahaya bintang. Pertama, magnitude absolute, yaitu skala intensitas cahaya yang sebenarnya. Skala ini mengandaikan semua bintang berjarak sama dari bumi. Kedua, magnitudo tampak, yaitu skala intensitas cahaya yang terlihat dari bumi. Skala ini memperhitungkan jarak yang sesungguhnya dari bumi. Matahari adalah bintang paling terang menurut skala magnitudo tampak. Namun jika dibandingkan dengan bintang lain pada jarak yang sama, Matahari akan terlihat redup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar